Mengenal Dajjal : Siapa Dajjal, Fitnah Dajjal dan Perlindungan dari Dajjal

Dajjal merupakan sosok yang dianggap sebagai fitnah besar dalam agama Islam. Dajjal diyakini sebagai sosok yang sangat berbahaya dan sangat berkuasa, dan mampu mempengaruhi manusia dengan cara-cara yang sangat halus dan licik. Dalam ajaran Islam, Dajjal dijelaskan sebagai sosok yang sangat jahat dan licik, yang akan datang menjelang hari kiamat


Dajjal dianggap sebagai musuh besar umat manusia dan akan membawa banyak kesulitan dan bencana bagi mereka. Oleh karena itu, sebagai umat Islam, kita harus selalu berusaha untuk menjaga iman dan taqwa kita agar tidak terjerumus dalam fitnah Dajjal. 

Fitnah Dajjal

Dajjal akan datang di akhir zaman dan membaha fitnah yang sangat luar biasa. Ketika manusia hanya mempunya iman yang sejengkal bukan tidak mungkin akan menjadi pengikutb dajjal.

Lalu apa saja fitnah dajjal yang perlu kita ketahui ?

1. Menghidupkan Orang Meninggal

Dalam hadis-hadis Nabi Muhammad SAW, disebutkan bahwa Dajjal akan memiliki kemampuan untuk menghidupkan orang yang telah meninggal. Namun, kita harus memahami bahwa kemampuan ini hanyalah ilusi dan kebohongan yang diciptakan oleh Dajjal untuk memperdaya manusia.

Allah SWT sebagai pencipta alam semesta memiliki kekuasaan yang mutlak atas kehidupan dan kematian. Tidak ada manusia atau makhluk lainnya yang memiliki kemampuan untuk menghidupkan orang meninggal. Oleh karena itu, kita sebagai umat Islam harus tetap berpegang teguh pada ajaran Islam dan tidak terjerumus dalam fitnah Dajjal, termasuk fitnah mengenai kemampuannya untuk menghidupkan orang meninggal.

2. Surga dan Neraka bersamanya

Salah satu fitnah Dajjal yang diyakini akan terjadi adalah janji surga dan neraka bersamanya. Namun, kita sebagai umat Islam harus memahami bahwa janji Dajjal untuk membawa manusia ke surga atau neraka bersamanya hanyalah fitnah dan kebohongan yang diciptakan untuk memperdaya manusia. Allah SWT sebagai pencipta alam semesta memiliki kekuasaan yang mutlak atas surga dan neraka, dan tidak ada manusia atau makhluk lainnya yang memiliki kemampuan untuk menentukan nasib seseorang di akhirat.

Dari Hudzaifah RA, Rasulullah SAW bersabda: "Dajjal cacat matanya yang kiri, keriting rambutnya, bersamanya surga dan nerakanya. Nerakanya adalah surga dan surganya adalah neraka." (HR. Muslim No. 2934).

3. Harta Benda Dunia Akan Mengikutinya

Disebutkan bahwa siap yang mengikuti dajjal akan melihat harta benda akan mengikutinya seperti sekelompok lebah. 

Dajjal akan membawa finah yang luar biasa, dengan adanya fitnah ini, umat yang biasa jauh dari Allah dan sangat gila dengan harta, akan mudah menjadi pengikut dajjal.

4. Bisa Menurunkan Hujan

Ummat akhir zaman akan di cerca dengan berbagai cobaan dan fitnah yang luar biasa, salah satunya di akhir zaman akan terjadi masa dimana akan kekeringan dan sangat kesulitan air. Disitulah Dajjal akan sangat mudah memperdaya manusia denganapa yang di lakukanya.

Dari An-Nawwas bin Sam'an radhiyallahu 'anhu: Rasulullah SAW berkata: "Dia datang kepada satu kaum mendakwahi mereka. Merekapun beriman kepadanya, menerima dakwahnya. Maka Dajjal memerintahkan langit untuk hujan dan memerintahkan bumi untuk menumbuhkan tanaman, maka turunlah hujan dan tumbuhlah tanaman." (HR. Muslim No. 2937).

Cara Melindungi diri dari fitnah dajjal

Sebagai manusia yang beriman sudah sewajarnya kita mengimani adanya akhir zaman dan mempercayai adanya dajjal, sang pefitnah paling kejam dan pembawa kesyirikan.

Tentu bagi ummat beriman hal ini akan menjadi cobaan besar dan tantang terbesar dalam hidup, namun sebagai ummat yang jauh dai Allah mereka akan merasa Dajjal sebagai penolong, padahal mereka sedang menjerumuskan, ummat yang jauh dengan Allah juga bisa dengan mudah diperdaya oeh dajjal dengan segala kemampuanya.

Manusia yang lemah imanya pasti akan sangat mempercayai segala keajaiban yang di lakukanya, mulai dari menghidupkan orang meninggal sampai bisa menurunkan hujan. 

Hal hal yang bisa dilakukan untuk menghindari fitnah dajjal adalah dengan mendekatkan diri dengan Allah, memperbanyak ibadah dan tentunya jangan sekali kali mendekati dajjal, walaupun merasa imanya sudah kuat. Larilah sejauh mungkin dari dajjal dan jangan mendekat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak