5 Tanda Besar Kiamat Datang Dalam Pandangan Islam

Dalam pandangan Islam, kiamat adalah hari terakhir kehidupan dunia yang ditentukan oleh Allah SWT. Pada hari kiamat, seluruh makhluk hidup akan dipanggil untuk menghadap Allah SWT untuk dimintai pertanggungjawaban atas segala perbuatan yang dilakukan selama hidup di dunia. 


Dalam Al-Quran, banyak ayat yang menggambarkan tanda-tanda kiamat, seperti terjadinya gempa bumi, gunung-gunung yang bergerak, matahari yang terbenam dari arah barat, dan lain-lain. Selain itu, pada hari kiamat juga akan terjadi pembalasan atas segala perbuatan baik atau buruk yang pernah dilakukan manusia.

5 Tanda Besar Kiamat Datang Dalam Pandangan Islam

1. Kedatangan Imam Mahdi

Imam Mahdi akan datang di akhir zaman sebagai penegak keadilan dan membawa perdamaian serta kebahagiaan bagi umat manusia.

Imam Mahdi adalah keturunan dari Nabi Muhammad SAW. Menurut banyak hadis, Imam Mahdi akan muncul pada saat dunia dipenuhi oleh kekacauan dan kejahatan. Dia akan muncul di Mekah dan akan mengumumkan kedatangannya sebagai pemimpin umat Islam.

Imam Mahdi akan membawa perdamaian dan keadilan di seluruh dunia. Dia akan memerintah dengan hukum Islam dan menegakkan keadilan di atas segala-galanya. Selain itu, dia akan membebaskan umat Islam dari penindasan dan kezaliman.

Kedatangan Imam Mahdi juga akan disertai dengan peristiwa-peristiwa besar seperti terjadinya gempa bumi, banjir, dan bencana alam lainnya. Namun, dia akan membawa harapan dan keselamatan bagi umat manusia.

2. Kedatangan Dajjal

Dajjal adalah sosok yang akan muncul di akhir zaman sebagai fitnah besar yang akan menyesatkan manusia dan menguji keimanan mereka. Dajjal dianggap sebagai sosok jahat yang akan menyesatkan manusia dengan kekuatan dan kemampuannya yang luar biasa

Bagi ummat manusia yang beragama islam kedatangan dajjal merupakan sebuah bencana besar karena fitnahnya yang luarbiasa, siapa saja bisa bergabung dengannnya dengan mudah. Akan tetapi bagi ummat yang beriman dajjal adalah suatu bencana yang harus di hindari dan sudah memahami tentang fitnah ini.

3. Turunya Nabi Isa As

Nabi Isa akan turun di akhir zaman sebagai penyelamat ummat di seluruh dunia. Nabi isa akan turun setelah Dajjal benar benar merusak peradaban dunia.

Allah berfirman yang artinya:

وَإِن مِّنْ أَهْلِ ٱلْكِتَٰبِ إِلَّا لَيُؤْمِنَنَّ بِهِۦ قَبْلَ مَوْتِهِۦ ۖ وَيَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ يَكُونُ عَلَيْهِمْ شَهِيدًا

“Tidak seorang pun Ahli Kitab melainkan akan beriman kepadanya sebelum kematiannya, dan pada hari kiamat dia akan menjadi saksi terhadap mereka” (An-Nisa': 159).

4. Munculnya Yajuj Dan Majuj

Yajuj dan Majuj adalah dua bangsa yang disebutkan dalam Al-Quran dalam surah Al-Kahfi ayat 94-98. Mereka dikatakan sebagai bangsa yang sangat kejam dan merusak. Menurut beberapa sumber, mereka diyakini sebagai bangsa Tartar atau bangsa Mongol.

Menurut Islam, Yajuj dan Majuj akan muncul di akhir zaman dan menyebabkan kerusakan besar di dunia. Mereka akan keluar dari tempat yang disebut dengan "dinding besi" atau "tembok Gog dan Magog" yang dikatakan terletak di wilayah utara pegunungan Caucasus.

Ketika dinding besi itu runtuh, Yajuj dan Majuj akan menyerbu dan menaklukkan seluruh dunia. Mereka akan menyebar ke seluruh penjuru dunia, merusak dan menghancurkan segala yang ada di depan mereka.

5. Matahari Terbit dari Barat

Matahari terbit dari Barat adalah salah satu tanda besar Kiamat dalam Islam. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya Allah memberi waktu bagi orang yang berbuat dosa sampai ketika matahari terbit dari Barat, maka tidak ada taubat lagi pada waktu itu." (HR. Muslim)

Banyak ulama dan ahli tafsir meyakini bahwa tanda ini bukanlah sebuah peristiwa alamiah yang sebenarnya, namun merupakan metafora untuk menggambarkan perubahan besar yang akan terjadi di dunia. Beberapa penafsiran mengatakan bahwa matahari terbit dari Barat menunjukkan perubahan arah pemikiran dan kepercayaan manusia yang sebelumnya tidak mengakui keesaan Allah, namun kemudian berpaling dan menerima Islam.

Namun, ada juga yang menganggap bahwa tanda ini bisa saja terjadi secara harfiah, dan bahwa perubahan arah matahari tersebut bisa disebabkan oleh pergeseran kutub bumi atau fenomena alam lainnya yang belum kita ketahui.

Namun, yang pasti adalah bahwa Kiamat adalah suatu kepastian yang akan terjadi pada suatu saat nanti, dan sebagai umat manusia, kita harus senantiasa berusaha untuk memperbaiki diri dan mempersiapkan diri menghadapi hari tersebut.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak