10 Bank Syariah Terbesar di Indonesia

Bank syariah merupakan salah satu jenis lembaga keuangan yang beroperasi berdasarkan prinsip-prinsip syariah atau Islam. Bank syariah berbeda dengan bank konvensional yang beroperasi berdasarkan prinsip-prinsip kapitalis. Bank syariah lebih mengedepankan nilai-nilai moral dan etika dalam kegiatan bisnisnya.


Di Indonesia sendiri bank syariah banyak diminati mengingat mayoritas masyarakat indonesia adalah muslim. Di Indonesia juga banyak bank syariah yang berdiri, namun di pembahasan kali ini, kita akan bahas 10 saja bank syariah terbesar dan populer di Indonesia.

10 Bank Syariah Terbesar di Indonesia

1. Bank Syariah Indonesia


Bank Syariah Indonesia (BSI) merupakan hasil dari merger tiga bank syariah besar di Indonesia, yaitu Bank Syariah Mandiri, Bank BRI Syariah, dan Bank BNI Syariah. Merger ini dilakukan pada tahun 2020, dengan tujuan untuk meningkatkan daya saing dan efisiensi operasional bank syariah di Indonesia.

Sebelum merger, ketiga bank syariah tersebut sudah memiliki posisi yang kuat di industri perbankan syariah Indonesia. Bank Syariah Mandiri merupakan bank syariah terbesar di Indonesia dengan total aset sebesar Rp 214,7 triliun pada akhir tahun 2019. Sedangkan Bank BRI Syariah dan Bank BNI Syariah juga memiliki aset yang besar, yaitu masing-masing sebesar Rp 62,5 triliun dan Rp 72,4 triliun pada akhir tahun 2019.

Dengan merger ini, BSI menjadi bank syariah terbesar di Indonesia dengan total aset sebesar Rp 357,6 triliun pada akhir tahun 2020. BSI juga memiliki jaringan cabang yang luas, yaitu lebih dari 1.300 cabang di seluruh Indonesia. Sebagai bank syariah terbesar di Indonesia, BSI memiliki visi untuk menjadi bank syariah terkemuka di Asia Tenggara.

BSI menawarkan berbagai produk dan layanan perbankan syariah kepada nasabahnya, seperti tabungan, deposito, pembiayaan, dan jasa perbankan lainnya. Produk-produk tersebut didasarkan pada prinsip-prinsip syariah yang melarang riba, gharar, dan maysir. Selain itu, BSI juga aktif dalam memberikan dukungan dan kontribusi pada pengembangan ekonomi syariah di Indonesia.

Merger ketiga bank syariah besar ini menjadi Bank Syariah Indonesia menunjukkan komitmen pemerintah Indonesia untuk memperkuat industri perbankan syariah di Indonesia. Diharapkan bahwa dengan adanya BSI, masyarakat Indonesia semakin mudah untuk mengakses produk perbankan syariah yang aman, mudah, dan sesuai dengan prinsip syariah. 
 

2. Bank Muamalat


Bank Muamalat adalah salah satu bank syariah terkemuka di Indonesia yang didirikan pada tanggal 1 November 1991. Bank ini pertama kali didirikan dengan nama Bank Muamalat Indonesia, namun kemudian pada tahun 2015 nama bank ini diubah menjadi Bank Muamalat.

Sebagai bank syariah, Bank Muamalat menerapkan prinsip-prinsip syariah dalam seluruh aktivitas perbankannya. Prinsip-prinsip syariah tersebut antara lain meliputi adanya keadilan, kejujuran, transparansi, dan tidak melakukan riba atau bunga.

Bank Muamalat menyediakan berbagai produk dan layanan perbankan syariah yang lengkap dan dapat diakses oleh masyarakat umum. Produk-produk tersebut meliputi tabungan, deposito, pembiayaan, kartu kredit syariah, serta layanan internet banking dan mobile banking.

Selain itu, Bank Muamalat juga membuka akses bagi para nasabah untuk melakukan transaksi perbankan secara online melalui aplikasi Muamalat Digital. Aplikasi ini memudahkan para nasabah untuk melakukan transaksi perbankan dengan cepat dan mudah, seperti transfer antar bank, pembayaran tagihan, pembelian pulsa, dan lain sebagainya.

Bank Muamalat juga aktif dalam memberikan dukungan dan kontribusi bagi masyarakat melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Program ini meliputi kegiatan sosial, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan.

Dalam perkembangannya, Bank Muamalat terus berusaha untuk meningkatkan kualitas layanan dan produk perbankannya. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan para nasabah dan memberikan kepuasan yang maksimal bagi mereka.

Di masa depan, Bank Muamalat berkomitmen untuk terus mengembangkan layanan dan produk perbankannya, serta menjadi bank syariah terdepan dan terpercaya di Indonesia.
 

3. Bank BCA Syariah


Bank BCA Syariah adalah salah satu bank syariah terbesar di Indonesia yang berdiri pada tahun 2010. Bank ini merupakan bagian dari BCA (Bank Central Asia) yang telah beroperasi sejak tahun 1957. Dalam menjalankan bisnisnya, Bank BCA Syariah mengedepankan prinsip-prinsip syariah yang mengutamakan keadilan, keberlanjutan, dan keseimbangan.

Bank BCA Syariah menawarkan berbagai produk dan layanan perbankan yang sesuai dengan prinsip syariah, seperti tabungan, deposito, pembiayaan, dan kartu kredit. Produk-produk tersebut dirancang untuk memenuhi kebutuhan nasabah dengan tetap memperhatikan aspek kehalalan dan kebermanfaatan.

Salah satu layanan unggulan dari Bank BCA Syariah adalah pembiayaan syariah yang tersedia untuk berbagai kebutuhan, seperti pembiayaan kendaraan, pembiayaan rumah, pembiayaan modal usaha, dan pembiayaan pendidikan. Pembiayaan tersebut didasarkan pada prinsip musyarakah atau mudharabah, di mana bank dan nasabah saling berbagi keuntungan dan risiko.

Selain itu, Bank BCA Syariah juga menghadirkan layanan internet banking dan mobile banking yang memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan kapan saja dan di mana saja. Nasabah juga dapat mengakses informasi produk dan layanan perbankan melalui website dan aplikasi resmi Bank BCA Syariah.

Dalam hal pengelolaan dana nasabah, Bank BCA Syariah memastikan bahwa dana tersebut dikelola dengan profesional dan transparan, serta sesuai dengan prinsip syariah. Bank BCA Syariah juga memberikan laporan keuangan secara terbuka dan berkala kepada nasabah dan masyarakat.

Bank BCA Syariah memiliki visi untuk menjadi bank syariah terdepan di Indonesia dengan memberikan solusi perbankan yang inovatif dan terpercaya. Dalam menjalankan misinya, Bank BCA Syariah selalu mengutamakan kepuasan nasabah dan berkomitmen untuk mengembangkan produk dan layanan perbankan yang sesuai dengan kebutuhan dan nilai-nilai syariah.

Secara keseluruhan, Bank BCA Syariah merupakan pilihan yang tepat bagi nasabah yang ingin memperoleh layanan perbankan yang sesuai dengan prinsip syariah. Bank ini tidak hanya mengedepankan prinsip kehalalan, tetapi juga memberikan layanan yang berkualitas dan inovatif bagi nasabahnya. 
 

4. Bank CIMB Niaga Syariah


CIMB Niaga Syariah adalah salah satu bank syariah terbesar di Indonesia yang didirikan pada tahun 2007. Bank ini merupakan bagian dari CIMB Group, perusahaan keuangan terkemuka di Asia Tenggara dengan kantor pusat di Kuala Lumpur, Malaysia. CIMB Niaga Syariah memiliki visi untuk menjadi bank syariah terdepan di Indonesia dengan memberikan layanan terbaik kepada nasabah.

CIMB Niaga Syariah memiliki produk dan layanan yang beragam, seperti tabungan, deposito, pembiayaan, kartu kredit, dan investasi syariah. Produk dan layanan yang ditawarkan bank ini selalu mengikuti prinsip-prinsip syariah, seperti tidak diperbolehkannya riba, spekulasi, dan transaksi yang tidak jelas atau tidak jujur. Hal ini membuat CIMB Niaga Syariah menjadi pilihan yang tepat bagi nasabah yang ingin memperoleh keuntungan dengan cara yang halal dan sesuai dengan ajaran agama Islam.

CIMB Niaga Syariah juga terus mengembangkan inovasi dalam produk dan layanan, seperti meluncurkan aplikasi mobile banking yang memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja. Selain itu, bank ini juga memperkenalkan program-program edukasi keuangan syariah untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat.

Selain fokus pada produk dan layanan, CIMB Niaga Syariah juga berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Bank ini aktif dalam kegiatan sosial, seperti memberikan bantuan untuk korban bencana alam, mendukung program pendidikan, dan melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) lainnya.
 

5. Bank BTPN Syariah


Bank BTPN Syariah adalah salah satu bank syariah terkemuka di Indonesia yang menyediakan layanan keuangan berbasis syariah. Bank ini didirikan pada tahun 1958 dengan nama Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) dan pada tahun 2014, BTPN resmi menjadi bank syariah.

Sebagai bank syariah, Bank BTPN Syariah mengikuti prinsip-prinsip syariah dalam melakukan kegiatan usahanya. Prinsip-prinsip tersebut antara lain adalah prinsip keadilan, transparansi, tanggung jawab sosial, dan tidak melakukan riba (bunga).

Bank BTPN Syariah menawarkan berbagai produk dan layanan keuangan syariah seperti tabungan syariah, deposito syariah, pembiayaan syariah, kartu kredit syariah, dan layanan perbankan digital. Produk-produk tersebut dirancang untuk memenuhi kebutuhan nasabah dari berbagai kalangan, baik individu maupun korporat.

Salah satu produk unggulan Bank BTPN Syariah adalah Tabungan BTPN Wow! Syariah. Produk ini dirancang khusus untuk anak-anak dan remaja dengan tujuan untuk memberikan edukasi keuangan yang sehat sejak dini. Selain itu, Bank BTPN Syariah juga memiliki program CSR (Corporate Social Responsibility) yang fokus pada pengembangan ekonomi masyarakat melalui pendidikan keuangan dan pelatihan kewirausahaan.

Bank BTPN Syariah juga memiliki sistem perbankan digital yang memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi keuangan secara online. Salah satu layanan perbankan digital yang dimiliki Bank BTPN Syariah adalah Jenius, sebuah aplikasi perbankan digital yang memungkinkan nasabah untuk mengatur keuangan secara efisien dan mudah.

Dalam mengembangkan bisnisnya, Bank BTPN Syariah bekerja sama dengan berbagai mitra strategis seperti perusahaan teknologi finansial (fintech), institusi keuangan internasional, dan pemerintah daerah. Kerja sama tersebut bertujuan untuk memperluas jangkauan bisnis dan meningkatkan kualitas layanan kepada nasabah.

Dalam beberapa tahun terakhir, Bank BTPN Syariah berhasil meraih berbagai penghargaan atas prestasinya dalam memberikan layanan keuangan syariah yang berkualitas. Beberapa penghargaan yang diraih antara lain adalah Bank Syariah Terbaik 2019 dari Majalah Investor dan Bank of the Year 2019 dari Global Islamic Finance Award. 
 

6. Bank Permata Syariah


Bank Permata Syariah adalah salah satu bank syariah terkemuka di Indonesia. Bank ini didirikan pada tahun 2004 dengan nama Bank Syariah Permata. Kemudian pada tahun 2019, bank ini bergabung dengan Bank Permata dan mengubah namanya menjadi Bank Permata Syariah.

Bank Permata Syariah menawarkan berbagai produk dan layanan syariah yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam. Produk-produk yang ditawarkan antara lain tabungan, deposito, pembiayaan, kartu kredit, dan layanan transaksi elektronik.

Salah satu produk unggulan dari Bank Permata Syariah adalah tabungan syariah. Tabungan syariah ini menawarkan berbagai keuntungan seperti biaya administrasi yang rendah, bunga yang kompetitif, dan mudah untuk diakses melalui ATM dan internet banking.

Selain itu, Bank Permata Syariah juga menawarkan produk pembiayaan syariah yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam. Produk pembiayaan yang ditawarkan antara lain pembiayaan kendaraan bermotor, pembiayaan rumah, dan pembiayaan usaha.

Bank Permata Syariah juga menawarkan kartu kredit syariah yang memberikan berbagai keuntungan seperti diskon di merchant-merchant tertentu dan program reward yang menarik. Selain itu, Bank Permata Syariah juga menawarkan layanan transaksi elektronik seperti internet banking, mobile banking, dan SMS banking yang memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja.
 

7. Bank Danamon Syariah


Bank Danamon Syariah adalah sebuah bank syariah yang berdiri pada tahun 2000 dengan nama Bank Al Danamon. Pada tahun 2010, bank ini bergabung dengan Bank Danamon dan berubah nama menjadi Danamon Syariah. Bank ini memiliki fokus pada layanan keuangan syariah yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

Bank Danamon Syariah menyediakan berbagai produk dan layanan keuangan syariah, seperti tabungan syariah, deposito syariah, pembiayaan syariah, dan kartu kredit syariah. Selain itu, bank ini juga menawarkan layanan perbankan digital yang dapat diakses melalui aplikasi Danamon Mobile Banking Syariah.

Bank Danamon Syariah berkomitmen untuk memberikan layanan keuangan syariah yang berkualitas dan inovatif kepada pelanggan. Untuk mendukung hal ini, bank ini memiliki tim ahli syariah yang terdiri dari para ulama dan pakar keuangan syariah yang memastikan bahwa setiap produk dan layanan yang ditawarkan sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

Selain itu, Bank Danamon Syariah juga aktif dalam kegiatan sosial dan lingkungan. Bank ini telah melakukan berbagai program sosial dan lingkungan seperti memberikan bantuan untuk korban bencana alam, mengadakan program penghijauan, dan mengadakan kegiatan sosial lainnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, Bank Danamon Syariah telah meraih berbagai penghargaan diantaranya adalah Bank Syariah Terbaik dalam kategori bank besar dari Majalah Investor pada tahun 2019 dan 2020 serta The Best Islamic Bank in Indonesia dari Global Finance pada tahun 2020.

Dengan komitmen yang kuat pada layanan keuangan syariah yang berkualitas dan inovatif, serta dukungan dari tim ahli syariah yang berpengalaman, Bank Danamon Syariah diharapkan dapat terus berkembang dan memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia.
 

8. Bank Jago Syariah


Bank Jago Syariah adalah sebuah bank syariah yang berdiri pada tahun 2020. Bank ini merupakan hasil dari penggabungan antara Bank Artos Indonesia dan Bank Jago. Bank Jago Syariah memiliki fokus pada pengembangan produk-produk keuangan yang sesuai dengan prinsip syariah.

Sebagai bank syariah, Bank Jago Syariah mengikuti prinsip-prinsip syariah dalam melakukan kegiatan usahanya. Prinsip-prinsip syariah ini meliputi larangan riba, gharar, dan maysir. Selain itu, Bank Jago Syariah juga memperhatikan prinsip tanggung jawab sosial dan lingkungan dalam menjalankan usahanya.

Bank Jago Syariah menawarkan berbagai produk dan layanan keuangan yang sesuai dengan prinsip syariah. Produk-produk yang ditawarkan antara lain tabungan syariah, deposito syariah, pembiayaan syariah, dan kartu kredit syariah. Selain itu, Bank Jago Syariah juga memberikan layanan perbankan digital yang mudah digunakan oleh nasabah.

Bank Jago Syariah memiliki visi untuk menjadi bank syariah yang terdepan di Indonesia. Untuk mencapai visi tersebut, Bank Jago Syariah terus melakukan inovasi dan pengembangan produk. Bank Jago Syariah juga berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada nasabahnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, permintaan akan produk dan layanan keuangan syariah semakin meningkat di Indonesia. Bank Jago Syariah sebagai bank syariah yang baru berdiri diharapkan dapat menjawab permintaan tersebut dan menjadi salah satu pemain utama dalam industri perbankan syariah di Indonesia. 
 

9. Bank Aladin Syariah


Bank Aladin Syariah adalah sebuah lembaga keuangan yang beroperasi di Indonesia dengan menerapkan prinsip-prinsip syariah dalam aktivitas perbankannya. Bank ini didirikan pada tahun 2019 dan telah memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bank Aladin Syariah menyediakan berbagai produk dan layanan perbankan, seperti tabungan, deposito, pembiayaan, dan kartu kredit.

Salah satu keunggulan Bank Aladin Syariah adalah satu dari sekian bank digital syariah, dimana proses pendaftaran dilakukan hanya melalui aplikasi. Dan tentunya bank aladin syariah memlikiki keunggulan penerapan prinsip-prinsip syariah yang mengutamakan keadilan dan keseimbangan dalam bertransaksi. Bank ini juga memiliki komitmen untuk memberikan layanan yang berkualitas dan memenuhi kebutuhan nasabahnya. Selain itu, Bank Aladin Syariah juga memiliki jaringan kantor cabang yang tersebar di beberapa kota di Indonesia, sehingga memudahkan nasabah untuk mengakses layanan perbankan.

10. Bank Mega Syariah


Bank Mega Syariah adalah salah satu bank syariah terkemuka di Indonesia yang didirikan pada tahun 1969 dengan nama Bank Mega. Pada tahun 2004, Bank Mega Syariah resmi beroperasi dengan nama Bank Mega Syariah setelah mendapatkan izin dari Bank Indonesia sebagai bank syariah.

Bank Mega Syariah menawarkan berbagai produk dan layanan keuangan syariah yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Produk dan layanan tersebut meliputi tabungan, deposito, pembiayaan, investasi, dan kartu kredit syariah. Bank Mega Syariah juga memiliki layanan mobile banking dan internet banking yang memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja.

Bank Mega Syariah juga telah menerima berbagai penghargaan dari lembaga-lembaga terkemuka, seperti The Best Islamic Bank in Indonesia 2018 dari Global Finance, The Best Islamic Bank in Indonesia 2019 dari Asiamoney, dan The Best Islamic Bank in Indonesia 2020 dari The Asset.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak